Layanan Informasi
Temukan informasi publik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penelitian, studi, atau pengambilan keputusan yang informasional.
Unit Lembaga STAI Al Badar Cipulus
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung meliputi 4 (empat) bidang capaian yaitu: Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan sesuai dengan Permenristek DIKTI nomor 44 tahun 2015.
Lulusan Program Studi Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung diharapkan dapat menjadi pendidik pemula, peneliti pemula, maupun wirausahawan di bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya yang memiliki profil sebagai berikut.
Tabel
Deskripsi Profil Lulusan
Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Indonesia STAI Al Badar STAI Al Badar Cipulus
Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
pendidik pemula | Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi bahasa Indonesia yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun bahasa Indonesia. |
peneliti pemula | Pengkaji permasalahan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan. |
wirausahawan di bidang Indonesia dan pembelajarannya | Berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan bahasa Indonesia seperti menghasilkan bahan ajar, media pendidikan, pelaku seni, dan memanfaatkan kemampuan berbahasanya sebagai jurnalis atau penulis. |
SEMESTER I
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN21203 | Ulum al-Qur’an | 2 |
2 | UIN21204 | Ulum al-Hadits | 2 |
3 | UIN21205 | Ilmu Tauhid | 2 |
4 | UIN21211 | Pancasila | 2 |
5 | UIN21207 | Ilmu Akhlak | 2 |
6 | UIN21206 | Ilmu Fikih | 2 |
7 | MKU21201 | Linguistik Umum | 3 |
8 | MKU21202 | Fonologi Bahasa Indonesia | 3 |
9 | MKU21203 | Keterampilan Menyimak | 2 |
10 | MKU21204 | Keterampilan Berbicara | 2 |
Jumlah | 22 |
SEMESTER II
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN21202 | Bahasa Inggris | 2 |
2 | UIN21208 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
3 | UIN21209 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
4 | UIN21201 | Bahasa Arab | 2 |
5 | STAI Al Badar21204 | Perkembangan Peserta didik | 2 |
6 | MKU21205 | Morfologi | 2 |
7 | MKU21206 | Sejarah Sastra | 2 |
8 | MKU21207 | Keterampilan Membaca | 2 |
9 | MKU21208 | Menulis Karya Ilmiah | 2 |
10 | MKU21209 | Teori Pembelajaran Bahasa | 2 |
11 | STAI Al Badar21201 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
12 | MKPD21208 | Praktik Ibadah | 0 |
Jumlah | 22 |
SEMESTER III
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STAI Al Badar21205 | Perkembangan Kepribadian Guru | 2 |
2 | STAI Al Badar21203 | Bimbingan Konseling | 2 |
3 | MKU21210 | Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasah dan Sekolah | 2 |
4 | MKU21211 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
5 | MKU21212 | Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
6 | MKU21213 | Metodologi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
7 | MKU21214 | Sintaksis I | 2 |
8 | MKU21215 | Psikolinguistik | 2 |
9 | MKU21216 | Sosiolinguistik | 2 |
10 | MKU21217 | Teori Sastra | 2 |
11 | MKU21218 | Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi | 2 |
12 | MKU21219 | Semantik | 2 |
13 | MKPD21209 | Praktik Tilawah | 0 |
Jumlah | 24 |
SEMESTER IV
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STAI Al Badar21202 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
2 | STAI Al Badar21206 | Pengelolaan Pendidikan | 2 |
3 | MKU21220 | Sintaksis II | 2 |
4 | MKU21221 | Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
5 | MKU21222 | Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
6 | MKU21223 | TIK Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
7 | MKU21224 | Pembelajaran Menyimak | 2 |
8 | MKU21225 | Pembelajaran Berbicara | 2 |
9 | MKU21226 | Kajian dan Apresiasi Puisi | 2 |
10 | MKU21227 | Analisis Wacana | 2 |
11 | MKPL21201 | Dasar-Dasar Jurnalistik** | 3 |
12 | MKPL21202 | Dasar-Dasar Keprotokoleran** | |
13 | MKPL21203 | Pengantar BIPA** | |
Jumlah | 23 |
SEMESTER V
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STAI Al Badar20307 | Statistika Pendidikan | 3 |
2 | MKU21228 | Pembelajaran Membaca | 2 |
3 | MKU21229 | Pembelajaran menulis | 2 |
4 | MKU21230 | Analisis Kesalahan Berbahasa | 2 |
5 | MKU21231 | Kajian Apresiasi Drama | 2 |
6 | MKU21232 | Pragmatik | 2 |
7 | MKPL21204 | Penulisan dan Penyuntingan Berita** | 3 |
8 | MKPL21205 | Praktik Keprotokoleran** | 0 |
9 | MKPL21206 | Strategi Pembelajaran BIPA** | 0 |
10 | MKPD21201 | Metode Penelitian | 3 |
11 | MKPD21202 | Micro Teaching | 2 |
Jumlah | 21 |
SEMESTER VI
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | MKU21233 | Kritik Sastra | 2 |
2 | MKPL212207 | Magang Jurnalistik** | 3 |
3 | MKPL212208 | Magang Keprotokoleran** | |
4 | MKPL212209 | Magang BIPA** | |
5 | MKPD21203 | Intrepreneurship Pendidikan | 2 |
6 | MKPD21204 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 |
7 | MKPD21205 | Hypnoteaching | 2 |
8 | MKU21234 | Menulis Populer | 2 |
9 | MKU21235 | Menulis sastra | 2 |
10 | MKU21236 | Sinematografi Islami | 3 |
Jumlah | 18 |
SEMESTER VII
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | STAI Al Badar20308 | Praktik Profesi | 4 |
2 | MKU21237 | Seminar Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | 2 |
3 | MKPD21206 | KKM | 2 |
Jumlah | 8 |
SEMESTER VIII
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | MKPD21207 | Komprehensif | 0 |
2 | MKU21238 | Skripsi (Munaqosyah) | 6 |
Jumlah | 6 |