Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab

1.      Capaian Pembelajaran Program Sarjana Tadris Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Program Studi Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung meliputi 4 (empat) bidang capaian yaitu: Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan sesuai dengan Permenristek DIKTI nomor 44 tahun 2015.

  • CP Sikap dan Tata Nilai
    • Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    • Kerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    • Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri;
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
    • Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  • CP Pengetahuan
    • Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra;
    • Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan;
    • Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra;
    • Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya; dan
    • Menguasai prinsip-prinsip keislaman wahyu memandu ilmu dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  • CP Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri;
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • CP Keterampilan Khusus
    • Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah;
    • Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis;
    • Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta
    • Mampu menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
    • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi;
    • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya; dan
    • Mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai keislaman wahyu memandu ilmu.

2.         Profil Lulusan Program Sarjana Tadris Bahasa Indonesia

Lulusan Program Studi Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung diharapkan dapat menjadi pendidik pemula, peneliti pemula, maupun wirausahawan di bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya yang memiliki profil sebagai berikut.

  • Memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi, serta berkemauan keras, jujur dan bertanggung jawab sebagai bentuk unggul dan mandiri;
  • Memiliki orientasi pada dunia kerja dengan penguasaan ilmu pendidikan, ilmu bahasa, dan ilmu sastra;
  • Memiliki kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  • Memiliki jiwa wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu berkompetisi sebagai tenaga kerja pada bidang pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tabel
Deskripsi Profil Lulusan
Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Indonesia STAI Al Badar STAI Al Badar Cipulus

Profil LulusanDeskripsi Profil
pendidik pemulaPendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi bahasa Indonesia yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun bahasa Indonesia.
peneliti pemulaPengkaji permasalahan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan.
wirausahawan di bidang Indonesia dan pembelajarannyaBerusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan bahasa Indonesia seperti menghasilkan bahan ajar, media pendidikan, pelaku seni, dan memanfaatkan kemampuan berbahasanya sebagai jurnalis atau penulis.

3.                  Sebaran Mata Kuliah Program Studi Sarjana Tadris Bahasa Indonesia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

SEMESTER I

NOKODEMATA KULIAHSKS
1UIN21203Ulum al-Qur’an2
2UIN21204Ulum al-Hadits2
3UIN21205Ilmu Tauhid2
4UIN21211Pancasila2
5UIN21207Ilmu Akhlak2
6UIN21206Ilmu Fikih2
7MKU21201Linguistik Umum3
8MKU21202Fonologi Bahasa Indonesia3
9MKU21203Keterampilan Menyimak2
10MKU21204Keterampilan Berbicara2
Jumlah22

SEMESTER II

NOKODEMATA KULIAHSKS
1UIN21202Bahasa Inggris2
2UIN21208Sejarah Peradaban Islam2
3UIN21209Pendidikan Kewarganegaraan2
4UIN21201Bahasa Arab2
5STAI Al Badar21204Perkembangan Peserta didik2
6MKU21205Morfologi2
7MKU21206Sejarah Sastra2
8MKU21207Keterampilan Membaca2
9MKU21208Menulis Karya Ilmiah2
10MKU21209Teori Pembelajaran Bahasa2
11STAI Al Badar21201Ilmu Pendidikan Islam2
12MKPD21208Praktik Ibadah0
Jumlah22

SEMESTER III

NOKODEMATA KULIAHSKS
1STAI Al Badar21205Perkembangan Kepribadian Guru2
2STAI Al Badar21203Bimbingan Konseling2
3MKU21210Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasah dan Sekolah2
4MKU21211Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
5MKU21212Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
6MKU21213Metodologi  Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
7MKU21214Sintaksis I2
8MKU21215Psikolinguistik2
9MKU21216Sosiolinguistik2
10MKU21217Teori Sastra2
11MKU21218Kajian dan Apresiasi Prosa Fiksi2
12MKU21219Semantik2
13MKPD21209Praktik Tilawah0
Jumlah24

SEMESTER IV

NOKODEMATA KULIAHSKS
1STAI Al Badar21202Filsafat Pendidikan Islam2
2STAI Al Badar21206Pengelolaan Pendidikan2
3MKU21220Sintaksis II2
4MKU21221Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
5MKU21222Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
6MKU21223TIK Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia2
7MKU21224Pembelajaran Menyimak2
8MKU21225Pembelajaran Berbicara2
9MKU21226Kajian dan Apresiasi Puisi2
10MKU21227Analisis Wacana2
11MKPL21201Dasar-Dasar Jurnalistik**3
12MKPL21202Dasar-Dasar Keprotokoleran** 
13MKPL21203Pengantar  BIPA** 
Jumlah23

SEMESTER V

NOKODEMATA KULIAHSKS
1STAI Al Badar20307Statistika Pendidikan3
2MKU21228Pembelajaran Membaca2
3MKU21229Pembelajaran menulis2
4MKU21230Analisis Kesalahan Berbahasa2
5MKU21231Kajian Apresiasi Drama2
6MKU21232Pragmatik2
7MKPL21204Penulisan dan Penyuntingan Berita**3
8MKPL21205Praktik Keprotokoleran**0
9MKPL21206Strategi Pembelajaran BIPA**0
10MKPD21201Metode Penelitian3
11MKPD21202Micro Teaching2
Jumlah21

SEMESTER VI

NOKODEMATA KULIAHSKS
1MKU21233Kritik Sastra2
2MKPL212207Magang Jurnalistik**3
3MKPL212208Magang Keprotokoleran** 
4MKPL212209Magang  BIPA** 
5MKPD21203Intrepreneurship Pendidikan2
6MKPD21204Penelitian Tindakan Kelas2
7MKPD21205Hypnoteaching2
8MKU21234Menulis Populer2
9MKU21235Menulis sastra2
10MKU21236Sinematografi Islami3
Jumlah18

SEMESTER VII

NOKODEMATA KULIAHSKS
1STAI Al Badar20308Praktik Profesi4
2MKU21237Seminar Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2
3MKPD21206KKM2
Jumlah8

SEMESTER VIII

NOKODEMATA KULIAHSKS
1MKPD21207Komprehensif0
2MKU21238Skripsi (Munaqosyah)6
Jumlah6